01 February 2009

MAlam penerimaan aktiVIs ROHis kalo disingkat MAVIROH

YES MAN READER. It's freshly baked from the oven!

Jadi.. dari kemaren tanggal 31 sampe tanggal 1 Februari.. Rohis SMAN 8 Jakarta ngadain acara yg namanya MAVIROH *plesetan dari maghfiroh kali ya?* yg merupakan akronim dari Malam Penerimaan Aktivis Rohis. Acaranya di kaki Gunung Salak, tepatnya di Villa Panorama Alam. Dari kelas gue (X Inter A) tadinya yg ikut ada 6 orang, 3 cowo (Ardi, Irfan Naufal) n 3 cewe (gue, Dinda, Khalda). Tapi sayang disayang Dinda ga boleh ikut.. n tadinya Irfan mau nyusul, soalnya dia ikut lomba english debating di LabsRaw.. jadinya gg ikut deh. Akhirnya yg ikut jadi 4 orang.

Total peserta yg ikut Maviroh ada 36 orang; pas 18 cewe n 18 cowo. Yg akhwat *bahasa gaulnya cewe* ada Acid, Fatimah, Aca, Ica, Avi, Diana, Putri, Hani, Shaula, Rani, April, Noni, gue, Khalda, Dian, Kinkin, Gina, dan Dini. Ikhwannya *cowo. gg gahul nih gatau :p* gue gatau persis, tapi setau gue ada Ardi, Naufal, Hanif, Hanifi, Pras, Sultan, Dito, dan kurcaci" lainnya :)

Sabtu, 31 Januari 2009
Berangkatnya hari Sabtu siang, abis sholat Dzuhur. Sebenernya hari itu gue ada 7 jadwal = bahasa, tutorial, diklat PMR, ke dokter gigi, maviroh, wushu, dan liqo bareng Thiffa. Tapi akhirnya gue cuma ikut bahasa, tutorial sebentar, trus diklat PMR sama maviroh. Hehehe. Bawaannya BERAT banget. Gue bawa tiga tas; satu tas isinya baju dkk, satu tas isinya makanan, dan satu lagi isinya peralatan mandi + selimut. Yang parah itu bawaannya Khalda. Cuma satu, tapi gedenya nauju. Dia pake tas yg pernah dia pake pas lagi jambore Malaka. Gedenya kira" ada 1 meter lebih. Parah banget deh pokoknya. Kita berangkat pake... TRONTON MARINIR. yeah, gahol. Semua barang" ditaro di tengah sama di bawah kursi yg di tengah. Dempet-dempetan di tronton ber18 ditambah kakak" akhwat Rohis. Oh iya, kak Hanifa Adani ikut juga! Soalnya pas kelas 1, dia masuk 8 inter dan Rohis juga. Tapi pas kelas 2 pindah ke reguler 3 bandung. Jadinya dia ikut deh kalo ada acara yg dipanitiai Rohis.

Jalannya lamaaaa banget. Padahal Jakarta-Bogor, tapi ngabisin 3 jam. Parah betul memang ckckck. Nyampe" dikirain itu villanya. Ternyata BUKAN! Villanya mesti nanjak lagi. Hadoh. Kasian bener si Khalda. Udah takut tinggi, ranselnya berat pula. Akhirnya dengan berpedoman padaku *ah kata" gue gg banget deh* dia naik sedikit demi sedikit lama lama jadi bukit akhirnya nyampe juga di villanya. Oh iya, di tengah jalan menuju villa di atas gunung, gue dan Khalda ketemu sama kak Andre, ketua Rohis 44 (angkatan atas gue) yang lagi turun ke bawah dari villa itu. Dengan gentle, kak Andre menawarkan diri buat bawain ransel Khalda yg segede gorilla itu. Dan kamipun melanjutkan perjalanan sampe di villa.

Nice villa. Siapapun yg baru nyampe, pasti langsung duduk, selonjoran. Baru masuk, dan langsung ke atas. Eh eh ternyata akhwat villanya bukan disitu, tapi di bagian belakangnya. Bagian atas juga sih. Untungnya ada connected door yg kayak di hotel" gitu yg nghubungin lantai-villa-bagian-atas sama lantai-villa-bagian-belakang. Jadinya bisa ketok"an iseng" gitu laah. Namanya juga remaja *cuih!*.

Sampai di sana, beres-beres, istirahat, sholat Ashar (belom sempet di jamak tadi), trus gue mandi. Segeeer banget sumpah beneran deh. Keringetan dari tronton + keringetan naik ke villa + mandi sore pake air dingin = PERFECT. Tapi untung gue yg mandi pertama. Kasian yg lain belom sempet mandi, soalnya kakaknya udah wanti" kalo kita semua mau moving ke aula bawah. Bukan bawah tempat turun tadi, tapi palingan 1/4 dari jarah tempat turun - villa.

Di aula bawah, ikhwan-akhwat dihijab (dipisah) pake kain hitam. Abis itu sholat Maghrib dijamak Isya, lalu materi tentang Peran Dakwah Dalam Islam sama Majelis Syuro SALAM UI (kayak semacem rohis-nya UI). Abis itu tanya-jawab sambil ngambil makan. Lucu prosesnya. Jadinya, tempat prasmanannya itu ada di bagian ikhwan, jadi yg ngambil makanan akhwatnya dulu. Terus kakak" panitia ikhwannya megangin kain di bagian belakang, jadinya ikhwannya gg bisa ngeliat akhwatnya. hahaha :) Abis itu tanya jawabnya lamaaa banget. Maklum, namanya juga pemuda yg serba ingin tahu. Kalo gg serba ingin tahu, bukan pemuda namanya. hehehe :p Tapi kasian sampe pengisi materinya gg sempet makan. Lalu diisi materi lagi tentang Konsistensi Dakwah Islam (yah, kurang lebih judulnya gitu lah) sama pembicara yang sama. Sepertinya sang pengisi materi capek banget + laper gara" ngoceh daritadi, jadinya ganti pembicara! Pembicara baru-nya anak Psikologi UI angkatan 2006. Tapi sebelum ganti pembicara, ada ice breaking dulu biar pesertanya gg pada ngantuk. Jadi ice breakingnya gini, yg akhwat disuruh nulis pertanyaan yg diawali 'Mengapa....?' dan yg ikhwan disuruh nulis jawaban yg diawali 'Karena....'. Dikumpulin, terus dikocok. Ambil satu kertas dari yg akhwat, terus satu kertas dari yang ikhwan, dan bacalah. Ada yang nyambung, ada juga yg gg nyambung. hahaha

Narasumber kedua membahas tentang Peran Pemuda dalam Islam. Kocak, orangnya agak" geeky-weirdy gitu. Bikin ketawa pesertanya, tapi ada juga yang kriik kriik garing" gajebo gitu deh. Abis itu tanya jawab.. Gue gg perhatiin soalnya gue ngantuk dan tidur -____- Abis materinya selesai, kita balik ke villa lagi buat tidur, soalnya udah jam 12-an dan bakal dibangunin jam setengah 4an buat tahajud.

Ahad, 1 Februari 2009
brrrr... pagi" dingin bangeeet! Padahal gue udah pake kaos kaki, pake jaket d'rouszth yang tebel dan hangat. Tapi tetep aja dingin. Akhirnya gue kebangun gara" waker di hape gue bunyi dengan lagu Spongebob by Avril. Kebangun bentar, trus dengerin ikhwannya dibangunin, guenya ikut"an bangun. Lho, padahal yang dibangunin kamar sebelah, tapi gue malah bangun. Biarin, biar sekalian bangunin anak". hehehe. Bangun tidur kuterus wudhu, tidak lupa sholat tahajud *cieee*. Abis itu nambah hafalan dikit" (soalnya nyokap gue akan mencanangkan kembali program tahfizh qur'an di rumah!) trus beberes barang" di atas, soalnya prediksi gue, sekali ke aula, pasti gg bakal balik lagi ke villa. Jadinya beberes, pake baju-siap-kotor a.k.a baju d'rouszth + celana gunung yg udah 6 bulan gg kepake. Terus sholat subuh, al ma'tsurat, ada pengumuman dari kakaknya! Katanya akhwatnya dibagi jadi 3 kelompok buat jadi liqo-an, di mana yg jadi murobbi adalah alumni 8. Tapi karena alumninya belom sempet dikontek, jadi sementara sama PJ-nya dulu. Gue sekelompok sama Avi, Rani, Khalda, Shaula, daaan (sorii banget, gue lupa siapa -____-), PJnya kak Gadis. Abis dibagi, terus ke kelompoknya masing" buat liqo perdana *ceilee..* sambil bahas isu" hot nentuin ketua kelompoknya. Ketuanya Avi, gue dan kurcaci lainnya jadi dayang" sejati.

"Akhwat semuanya ngumpul ke bawaah...!" kata salah satu kakak Rohis. Ternyata lagi pembagian kelompok outbond. Gue kelompok 3 bareng Avi, Hani, Shaula, Gina, Diana. Terus bikin yel-yel abis itu main", foto" sambil nunggu makan pagi. Makan paginya nasi uduk. Ada juga yang nasi uduk merah. Abis makan siap" berangkat bareng sweeper kelompok, kalo kelompok gue kebagian kak Diana.

Perjalananpun dimulai. Pos pertama dijaga Kak Farisa dan Kak Iie. Jadi ceritanya ada 6 tali rafia, trus dipluntir" dan kita harus milih satu tali di atas dan satu lagi di bawahnya. Kita harus ngelepas tali itu satu per satu, gimanapun caranya. Di pos ini, kelompok gue gagal. Dan ternyata.. kunci keberhasilan games ini adalah hoki"an. Capek deeeh. Esensinya, harus ada satu orang yang jadi pemimpin yg memimpin anak buahnya untuk melepaskan diri dari tali itu. Dan kelompok gue karena semuanya ngatur, jadi gg ada pemimpinnya.

Pos kedua dijaga Kak Tari dan Kak Risna. Tapi di perjalanan, kelompok gue ngeliat elang terbang yang baguuus banget. Di sini, semua kelompok disuruh naik ke atas trash bag yg udah dibelah. Kita harus ngelipet trashbag itu sekecil mungkin sehingga semua orang bisa ada di atasnya. Tapi gg boleh duduk dan kaki gg boleh keluar trashbag. Kelompok gue BERHASIL! Yeay!

Pos ketiga dijaga Kak Hanifa dan Kak Chelsea. Di sini, kita dipasang"in, trus disuruh nyari tutup botol susu Frisian Flag di area yg ditentukan. Tapi, tiap pasangan harus ada satu yang jadi tangan, dan satu yang jadi kaki. Dengan berbagai metode yg dipakai, gue dan Diana akhirnya berhasil dapet tutupnya! :)

Pos terakhir, pos yang paling seru.. ISRAEL VS PALESTINA. Di pos ini, semua peserta akhwat dibagi jadi 2 kelompok. Satu kelompok jadi Israel, satunya lagi jadi Palestina. Tiap kelompok ada ketua kelompok yang ditandai dengan slayer, dan setiap ketua dan anggota kelompok dapet 'ekor' dari tali rafia yang diselipin di celana. Kalo 'ekor' pemimpinnya diambil, berarti kelompoknya kalah. 2 kelompokpun bertanding, dan yang menang akan mendapatkan hadiah, yaitu bertarung dengan kakak kelas!

Lalu pos yang sangat terakhir, di mana peserta ikhwan dan akhwat diwajibkan untuk mencari kertas yang terselip. Dan rangkaian huruf-huruf itu akan membentuk kode. Setelah itu dibawa ke depan panitianya lagi, dan merangkai huruf" itu menjadi sebuah kalimat, "UKHUWAH DAN KOMITMEN". Kalimat itu adalah esensi utama yang diharapkan oleh panitia Maviroh untuk didapatkan oleh para peserta. Lalu disuruh tutup mata, nostalgia 2 hari ini, ngucapin ikrar Kader Muda Rohis. Masih tutup mata nih, terus tiba" disiram sama kakak panitia akhwatnya! Untung aja gue gg kena! Terus salam"an, pergi ke aula buat makan, ke villa buat beres", terus pulang deh!

Jalan pulangnya gokil banget. Jadi, supir tronton akhwat jago nyalip dan ngebut, tapi supir tronton ikhwan napsuan dan gg mau kalah! Kalo tronton ikhwan udah kita salip, dia pasti gg bisa nyalip balik. Trus kalo ada di belakang tronton akhwat, pasti nglakson-nglakson gg jelas sambil nyalain lampu bawah dan sen kanan. Gak jelas banget kan? Kasian akhwatnya, apalagi yang bagian belakang. Akhirnya, supir tronton akhwat dengan sekuat tenaga ngebut dan nyalip sana-sini. Saking napsunya supir tronton ikhwan, sampe nabrak orang pake motor sampe motornya bener" jatoh! Watados *wajah tanpa dosa* banget lagi supirnya, main kabur aja. Akhirnya nyampe juga. Dan dengan tambahan cerita dari Ardi,

"Gila, tronton cowonya parah banget! Kita semua di dalem desek- desekan, panas banget!".

Gue nyahut aja,"Tronton cewe dong, lega banget. Ada yang tidur pake jatah duduk 2 orang lagi!".

"Iya tuh! Pas yg cowo ngeliat tronton cewe, gila, lega banget! "

hahaha. Yg ikhwan, sabar yaa.

GUE MAU MAVIROH LAGIIIII. KAPAN LAGI YAA?

NB: buat kalian berdua yang lagi seneng sama lagu ini..

MAAF TUK BERPISAH LYRICS

Kau tahu tentang hatiku yang tak pernah bisa melupakanmu
Kau tahu tentang diriku yang selalu mengenangmu selamanya
Kini kusadari Bahwa semua itu
Adalah salah, juga keliru
Akan membuat hati menjadi ternodai

Reff..
Maafkanlah segala khilaf yang tlah kita lewati
Tlah membawamu kedalam jalan yang melupakan tuhan
Kita memang harus berpisah
Tuk menjaga diri
Untuk kembali mngarungi hidup
Dalam ridho Ilahi

Kutahu bahwa dirimu
Mendambakan kasih suci yang sejati yeee
Kuyakin bahwa dirimu
Merindukan kasih sayang yang hakiki

Kini kusadari Bahwa semua itu
Adalah salah, dan juga keliru ooo
Akan membuat hati menjadi ternodai

Back to reff.
Dan bila takdirnya kita bersama
Pastilah Allah akan menyatukan kita oooooo

No comments: